Translate

Senin, 25 Mei 2015

MAKALAH



KELIPING
OTOMATISASI PERKANTORAN



















 











GURU PEBIMBING : Leiheksi S.pd.
DI SUSUN OLEH:
NAMA      : Sri Wahyu Naning Tias
KELAS      : X-AP1




SMK JAKARTA TIMUR 2
TAHUN AJARAN 2014/2015











Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr.Wb.,,
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya, saya dapat membuat Keliping tentang materi pembelajaran Otomatisasi Perkantoran.
Pertama saya mengucapkan terima kasih kepada guru pebimbing saya yang telah memberikan arahan-arahan materi beserta bimbingan belajarnya. Saya juga berharap semoga keliping ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.
Terakhir, saya sangat berharap juga bagi para pembaca untuk menuliskan saran dan komentar nya atas keliping saya agar saya dapat mengembangkan lebih baik lagi Keliping saya ini.
Wassalamualikum Wr. Wb.,,









Daftar Isi


Kata Pengantar..........................................................................................2
Daftar Isi...................................................................................................3
Otomatisasi Perkantoran.....................................................................4-5
Microsoft Word....................................................................................5-17
Microsoft Excel...................................................................................17-19
Microsoft Power Point........................................................................19-21
Microsoft Publisher............................................................................21-22
Internet.................................................................................................23-27
Mengolah Dokumen Sederhana.........................................................27-28
Daftar Preferensi………………………………………………………………………29






Otomatisasi Perkantoran

Pengertian:
Otomatisasi perkantoran adalh sistem informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, penyimpanan, dan mendristribusikan pesan, dokumen dan komunikasi elektronik lain antara individu, kelompok kerja dan organisasi.

Tujuan Otomatisasi kantor:
·      Tujuan dari adanya otomatisasi kantor, antara lain:
1. Penggabungan dan penerapan teknologi
2. Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
3. Meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan

·        Adapun tujuan OA masa kini, yaitu:

a)   Pendapatan yang Lebih Tinggi versus Penghindaran Biaya. Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
b)  Pemecahan masalah Kelompok. Cara OA berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok.
c)   Pelengkap – Bukan Pengganti. Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA bukan tanpa keterbatasan. OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional – percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. OA harus bertujuan melengkapi komunikasi tradisional.

Manfaat:
        Sebagai komponen dalam menangani informasi: mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara minimal.

Jenis-Jenis Aplikasi Otomatisasi Perkantoran Dalam Dunia Usaha:


·        Word Processing
·        Electronic Mail
·        Voice Mail
·        Electronic Calendaring
·        Audio Coferencing
·        Video Conferencing
·        Facksimile Transmission
·        Video Text
·        Cmputer Conferencing
·        Image Storage and Retrieval
·        Deskop Publishing










Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya.
Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office 2013.

Fungsi & Kegunaan Microsoft Word
Adapun fungsi dan kegunaan microsoft word itu sendiri bervariasi /bermacam-macam tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word memang di khususkan untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya.
Dengan semakin canggihnya tool microsoft word, fungsi dari ms word pun  tidak hanya terbatas  pada pengolahan kata. Tabel dala word juga bisa digunakan untuk olah angka meski tak sekomplit di ms excel.
Dalam ms word baru misal seperti pada ms word 2010 dan 2013 ada tool baru untuk convert ke dalam file media lain, misal ; convert dari file word ke PDF, atau program lain. dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa rekan manfaatkan dari ms word. Selain itu masih banyak lagi fungsi yang bisa rekan temukan dalam ms word.

Manfaat Microsoft Word
1.    memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

2.   Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.

3.   Menghemat Kertas dan Biaya.
Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2003, 2007, 2010 dan 2013

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2003
Kelebihan
Kekurangan
1. Berjalan lebih cepat
2. Installer tidak besar
3. Lebih optimal untuk mereka yang hanya menggunakan office secara umum
4. Office 2003 lebih familiar dan mudah penggunaannya. Karena kita sudah terbiasa menggunakannya
5. Office 2003 lebih ringan dan mudah digunakan.
1. Fitur web yang dimiliki kurang lengkap
2. File yang dihasilkan ukurannya lebih besar dibanding office 2007
3. Security yang tidak sebaik office 2007
4. Terlihat 'jadul'
5. Menu-menunya terlihat berantakan
6. Sidebar (pada startup) yang dapat mempersempit 'space' pada lembar kerja.






Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2007
Kelebihan
Kekurangan
1. Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus)

2. File yang dihasilkan lebih kecil

3. Proses pengerjaan yang lebih murah (Contoh ; pembuatan presentasi akan lebih cepat dan lebih profesional dengan Office 2007)

4. Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.

5. Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (mungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto)

6. Ribbon, fitur yang baru dan mencolok di semua program-program Office 2007, agar memudahkan pengguna mengaksesnya

7. Table Style, fitur baru yang lain dari Office Excel 2007 agar lebih indah dilihat.

8. row dan column yang disediakan lebih banyak, tepatnya Office Excel 2007 menyediakan ruang hingga selebar 1048576 baris (row) dan 16384 kolom (column) dan rumus yang disediakan Office Excel 2007 lebih banyak
1. Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan

2. Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.

3. Installer yang lebih besar

4. Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB)

5. Minimal OS Windows XP dengan SP2.


Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2010
Kelebihan
Kekurangan
   1. Fasilitas di dalamnya sangat lengkap karena sekarang ini Microsoft Word 2010 lah yang versinya paling tinggi pada saat ini.

   2. Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya  membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.

   3. Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.

   4. Gaya tulisan yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.

   5. Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasai Office 2007.

   6. Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung.

   7. Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.

   8. Terdapat ‘quick acces toolbar’.

   9. Untuk MS Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.

   10. Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.

   11. Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas, layaknya Microsoft Word 2007.

   12. Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft Word 2007.

   13. Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu lembar kerja.

   14. Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.

   15. Save as lebih variatif. Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support Microsoft Office, bahkan terhadap open source.

  16. Template baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.

  17. Menyimpan file untuk web terasa lebih mudah dibanding pada edisi yang sebelum-sebelumnya.

  18. Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di ikon tersebut.

  19. Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.

  20. Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’, image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.

  21. Fungsi print preview dan print telah terintegrasi dengan full-window pada menu File.

  22. Pada Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.

  23. Loading lebih cepat dan lebih ringan.
   1.  Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.

   2. Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.

   3. Tidak terdapat ‘Office Button’.

   4. Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2010.

   5. Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu.





Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2013
Kelebihan
Kekurangan
 1. Dioperasikan Dengan Layar Sentuh
 Untuk pertama kali, Word, Excel, Power Point, dan Outlook dikontrol dengan layar sentuh seperti membuka, menggeser untuk memperbesar dapat dilakukan pada dokumen, file, dan presentasi.

  2. Kelebihan di PowerPoint 2013
 Document, Slide, dan presentasi dapat ditampilkan di layar mobile, digambar, ditampilkan atau disembunyikan dengan digital pen, stylus atau bahkan jari.

  3. Cloud Service
  Penggabungan beberapa fitur Cloud untuk MS Office 2013 mendefinisikan bahwa MS Office 2013 menjadi sebuah “layanan”. Melalui fitur ini orang dapat mengakses, mengedit dan menyimpan ke semua perangkat yang berbasis Windows di manapun lokasinya.

  4. Touch Control
 Microsoft juga berencana mengintegrasikan MS Office 2013 ke perangkat tablet, oleh karena itulah, mengapa MS Office 2013 telah mendukung fungsi kontrol sentuh. Seperti diketahui, Microsoft beberapa waktu yang lalu memperkenalkan model tablet Surface. Bisa dikatakan dengan menggunakan fitur ini dapat memberikan komputasi yang maksimal, meskipun menggunakan perangkat tablet.

  5. Utilising Social Media
  Microsoft rupanya telah melihat di mana setiap orang hidup di social media, oleh karena itu MS Office mengintegrasikannya. Versi baru dari Sharepoint diperbaharui dan memungkinkan melihat newsfeeds dan sharing layaknya Facebook atau Google +. Bukan hanya itu saja, MS Office akan mengintegrasikan Skype, Lync (layanan komunikasi dan meeting) dan Yammer. dengan fitur ini MS Office 2013 menawarkan kemudahan berbagi dan bertukar informasi dan melakukan komunikasi.

 6. Spesifikasi Minimum Office 2013
  ·       Computer and processor: 1 Ghz or greater x86/x64 Processor with SSE2 instruction set
  ·       Memory: 1 GB RAM (32 Bit) /2 GB RAM (64 Bit)
  ·       Hard disk: 3.5 GB free disk space
  ·       Operating System: Windows 7 or newer, either 32-bit or 64-bit; Windows 2008R2 or newer with .Net 3.5 or greater. It isn’t possible to install on a PC running Windows XP or Vista. To use with Windows 8 you must be running the Release Preview version or higher. Get the Release Preview.
  ·       Graphics: Graphics hardware acceleration requires DirectX10 graphics card and 1024 x 576 resolution
   
   1. Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.

   2. Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.

   3. Tidak terdapat ‘Office Button’.

   4. Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2013.

   5. Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu





Microsoft Excel

Pengertian:
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. 
   Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Kelebihan Ms Excel: 

1.    Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 
2.   Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
3.   Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
4.   Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Kekurangan Ms Excel:
1.    Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
2.   Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
3.   Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru



Microsoft power point

Pengertian Ms Powerpoint
Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana.
Hadirnya Powerpoint menggantikan cara presentasi kuno yaitu dengan transparasi proyektor atau biasa disebut OHP (Over Head Proyector). Dengan adanya Ms Powerpoint, membuat presentasi menjadi sangat mudah karena didukung dengan fitur fitur yang canggih dan menarik. Microsoft powerpoint juga menyediakan template untuk memperindah presentasi anda.

Fungsi Microsoft Powerpoint
·        Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
·        Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.
·        Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide
·        Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer

Sejarah Microsoft Powerpoint
Program Microsoft Powerpoint pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins & Dennis Austin. Pada masa itu Ms Powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian diubah namanya menjadi Powerpoint.
Versi pertama Powerpoint, Powerpoint 1.0 dirilis pada tahun 1087. Saat itu dirilis untuk sistem operasi Apple Macintosh. Powerpoint msih menggunakan warna hitam putih, yang dapat membuat halaman teks & grafik untuk OHP (Overhead Projector). Versi berikutnya muncul setahun kemudian dengan dukungan warna.
Pada 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought, Inc dan perangkat lunaknya, Powerpoint, seharga 14 juta dollar. Setelah itu versi Powerpoint 2.0 muncul ke pasaran pada tahun 1990. Sejak saat itu Powerpoint telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam paket Microsoft Office.

Kelebihan Microsoft Powerpoint
·        Mudah dioperasikan
·        Tersedia berbagai macam desain dan animasi
·        Tersedia berbagai macam template menarik
·        Dapat dibuat dengan berbagai format
·        Dapat mengedit foto secara langsung


Kelemahan Microsoft Powerpoint
·        Harganya mahal. (Gratis jika anda menggunakan versi bajakan)


Microsoft Publisher

Pengertian Microsoft Publisher

Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hasil dari Desktop Publishing contohnya koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan, poster, mading, kalender dan lain lain. Kenapa menggunakan microsoft publisher ? bukannya kita bisa juga menggunakan ms word dan ms powerpoint ? Kita memang bisa membuat majalah menggunakan ms word, dan kita juga bisa membuat kartu ucapan dengan menggunakan microsoft powerpoint.
Tapi fitur yang ditawarkan tidaklah lengkap karena memang aplikasi tadi tidak dikhususkan untuk dekstop publishing. Berbeda dengan Microsoft Publisher yang dari namanya saja sudah jelas, publisher(penerbit). Aplikasi ini memang dikhususkan untuk kegiatan desktop publishing. pengertian dan fungsi ms publisher 2013 Dalam aplikasi Microsoft publisher, sudah tersedia berbagai macam template. Sehingga bila kita ingin membuat suatu karya, hanya tinggal memilih template yang sudah disediakan, lalu mengeditnya sesuai dengan kemauan kita.
Tidak banyak orang yang menggunakan Ms Publiser. Padahal aplikasi ini memiliki banyak manfaat, kita ambil contoh salah satunya yaitu membuat mading (majalah dinding). Saya sering menjumpai mading yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan menulisnya di kertas binder lalu ditempel, atau dengan memotong sebagian berita di koran/majalah. Padahal jika menggunakan Ms Publisher, mading dapat menjadi lebih bagus, menarik, bermakna dan pastinya lebih mudah dan praktis karena Ms Publisher memiliki banyak template.
Saat ini, versi terbaru dari microsoft publisher adalah microsoft publisher 2013, sebagai penerus dari versi sebelumnya yaitu ms publisher 2010 dan ms publisher 2007.


Fungsi Microsoft Publisher

·         1. Untuk membuat majalah
·         2. Untuk membuat kalender
·         3. Untuk membuat mading
·         4. Untuk membuat kartu ucapan
·         5. Untuk membuat brosur
·         6. Untuk membuat poster
·         7. Untuk membuat karya desktop publishing masih banyak lagi manfaat ms publisher,
·        8. Tapi intinya adalah untuk membuat segala karya desktop publishing.

Kelebihan Microsoft Publisher

·         Dapat Membuat Karya Desktop Publishing dengan mudah
·         Tersedia berbagai macam template
·         Tersedia berbagai macam efek untuk mengedit gambar Karya dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format
·         Karya dapat dikirim lewat email atau diconvert menjadi HTML
·         Karya yang dibuat dapat langsung disimpan di online storage dan dapat diakses kapan saja dimana saja

Kelemahan Microsoft Publisher

·        Ms Publisher Tidak gratis. Jika sobat mendapatkannya secara gratis, dapat dipastikan itu adalah produk bajakan













Internet

Pengertian Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 

Internet pada saat ini

Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter,Facebook dan lain sebagainya.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

 

Budaya Internet

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Tata tertib Internet

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.
Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

 

Isu moral dan undang-undang

Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.
Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.

 

Akses Internet

Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "jebakan" agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.

 

Penggunaan Internet di tempat umum

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.
Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.

 

Tokoh-tokoh Internet

  • Tim Berners-Lee pencipta WWW (World Wide Web)




pengolah dokumen sederhana

Mengatur Dokumen
Untuk membuat dokumen baru telah kita pelajari pada bab sebelumnya. Sebelum membuat dokumen biasakan untuk mengatur format dokumen terlebih dahulu, ini sangat penting karena sangat berpengaruh ketika kita mencetak dokumen.
Untuk mengatur format dokumen caranya  :
  1. Klik menu Page Layout
  2. Perhatikan pada Ribbon Page Setup.
  3. Klik ikon Margins untuk mengatur batas halaman.
  4. Pilih batas halaman yang telah disediakan, untuk menentukan sendiri batas halaman klik Custom Margins.
Maka akan ditampilkan jendela Page Setup. Masukan ukuran pada kotak-kotak Margins.
Top  :  mengatur batas atas halaman terhadap kertas.
Bottom  :  mengatur batas bawah halaman terhadap kertas.
Left  :  mengatur batas kiri halaman terhadap kertas.
Right  :  mengatur batas kanan halaman terhadap kertas.
Ukuran Standar untuk penulisan laporan dan karya tulis adalah  :
  • Batas atas  = 4
  • Batas bawah  = 3
  • Batas kiri  = 4
  • Batas kanan  = 3
5. Klik ikon Orientation untuk mengatur posisi halaman.
  • Potrait  :  posisi halaman vertikal (tegak).
  • Landscape  :  posisi halaman horizontal (mendatar).
6. Klik ikon Size untuk mengatur ukuran kertas.
    Ukuran Kertas seperti Letter, Legal, A4, A5 dan sebagainya.
Ukuran kertas yang biasa digunakan untuk penulisan laporan karya tulis adalah A4 atau dikenal dengan istilah kuarto.
7. Klik Paragraph untuk mengatur jarak antar baris.
    Pilihan jarak antar baris terdapat pada Line spacing.
Menulis Dokumen
Dalam mengetikkan naskah ke dalam dokumen, perlu diketahui teknik menulis dokumen, di antaranya adalah teknik penggunaan font, paragraph, ukuran font dan lain sebagainya.












DAFTAR PREFERENSI



1 komentar:

  1. daftar preferensinya kurang tuh
    kamu ngambil artikel dari blog ini juga kan >>> http://www.burung-net.com/2015/01/pengertian-dan-fungsi-microsoft-publisher.html

    BalasHapus