KELIPING
OTOMATISASI PERKANTORAN
GURU
PEBIMBING : Leiheksi S.pd.
DI SUSUN OLEH:
NAMA : Sri Wahyu
Naning Tias
KELAS : X-AP1
SMK JAKARTA TIMUR
2
TAHUN AJARAN 2014/2015
Kata Pengantar
Assalamualaikum Wr.Wb.,,
Puji dan syukur marilah kita
panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya, saya dapat
membuat Keliping tentang materi pembelajaran Otomatisasi Perkantoran.
Pertama saya mengucapkan terima
kasih kepada guru pebimbing saya yang telah memberikan arahan-arahan materi
beserta bimbingan belajarnya. Saya juga berharap semoga keliping ini dapat
bermanfaat untuk para pembaca.
Terakhir, saya sangat berharap
juga bagi para pembaca untuk menuliskan saran dan komentar nya atas keliping
saya agar saya dapat mengembangkan lebih baik lagi Keliping saya ini.
Wassalamualikum Wr. Wb.,,
Daftar Isi
Kata
Pengantar..........................................................................................2
Daftar
Isi...................................................................................................3
Otomatisasi
Perkantoran.....................................................................4-5
Microsoft
Word....................................................................................5-17
Microsoft
Excel...................................................................................17-19
Microsoft Power
Point........................................................................19-21
Microsoft
Publisher............................................................................21-22
Internet.................................................................................................23-27
Mengolah Dokumen
Sederhana.........................................................27-28
Daftar Preferensi………………………………………………………………………29
Otomatisasi
Perkantoran
Pengertian:
Otomatisasi perkantoran adalh
sistem informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses,
penyimpanan, dan mendristribusikan pesan, dokumen dan komunikasi elektronik
lain antara individu, kelompok kerja dan organisasi.
Tujuan Otomatisasi kantor:
· Tujuan dari adanya otomatisasi kantor,
antara lain:
1.
Penggabungan dan penerapan teknologi
2.
Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
3.
Meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan
·
Adapun tujuan OA masa kini, yaitu:
a)
Pendapatan yang Lebih Tinggi versus
Penghindaran Biaya. Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi
komputer menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja
yang bertambah.
b)
Pemecahan masalah Kelompok. Cara OA
berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat cocok
diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok.
c)
Pelengkap – Bukan Pengganti. Sebagai
suatu cara komunikasi bisnis, OA bukan tanpa keterbatasan. OA tidak akan
menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional – percakapan tatap
muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. OA harus
bertujuan melengkapi komunikasi tradisional.
Manfaat:
Sebagai komponen
dalam menangani informasi: mulai dari input hingga distribusi dengan
memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara
minimal.
Jenis-Jenis Aplikasi Otomatisasi Perkantoran Dalam Dunia
Usaha:
·
Word Processing
·
Electronic Mail
·
Voice Mail
·
Electronic Calendaring
·
Audio Coferencing
·
Video Conferencing
·
Facksimile Transmission
·
Video Text
·
Cmputer Conferencing
·
Image Storage and Retrieval
·
Deskop Publishing
Microsoft Word
Microsoft
Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di
gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain
sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer
terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru,
pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang
aktifitasnya.
Dalam
perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu
keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di
antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office
2013.
Fungsi & Kegunaan Microsoft Word
Adapun
fungsi dan kegunaan microsoft word itu sendiri bervariasi /bermacam-macam
tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah
membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word
memang di khususkan untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu
user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait
kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya.
Dengan
semakin canggihnya tool microsoft word, fungsi dari ms word pun tidak
hanya terbatas pada pengolahan kata. Tabel dala word juga bisa digunakan
untuk olah angka meski tak sekomplit di ms excel.
Dalam
ms word baru misal seperti pada ms word 2010 dan 2013 ada tool baru untuk
convert ke dalam file media lain, misal ; convert dari file word ke PDF, atau
program lain. dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa rekan manfaatkan dari
ms word. Selain itu masih banyak lagi fungsi yang bisa rekan temukan dalam
ms word.
Manfaat Microsoft Word
1.
memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.
Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.
2.
Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.
Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.
3.
Menghemat Kertas dan Biaya.
Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.
Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.
Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2003,
2007, 2010 dan 2013
Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2003
|
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1. Berjalan lebih cepat
2. Installer tidak besar 3. Lebih optimal untuk mereka yang hanya menggunakan office secara umum 4. Office 2003 lebih familiar dan mudah penggunaannya. Karena kita sudah terbiasa menggunakannya 5. Office 2003 lebih ringan dan mudah digunakan. |
1. Fitur web yang dimiliki
kurang lengkap
2. File yang dihasilkan ukurannya lebih besar dibanding office 2007 3. Security yang tidak sebaik office 2007 4. Terlihat 'jadul' 5. Menu-menunya terlihat berantakan 6. Sidebar (pada startup) yang dapat mempersempit 'space' pada lembar kerja. |
Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2007
|
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1. Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih
bagus)
2. File yang dihasilkan lebih kecil 3. Proses pengerjaan yang lebih murah (Contoh ; pembuatan presentasi akan lebih cepat dan lebih profesional dengan Office 2007) 4. Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan. 5. Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (mungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto) 6. Ribbon, fitur yang baru dan mencolok di semua program-program Office 2007, agar memudahkan pengguna mengaksesnya 7. Table Style, fitur baru yang lain dari Office Excel 2007 agar lebih indah dilihat. 8. row dan column yang disediakan lebih banyak, tepatnya Office Excel 2007 menyediakan ruang hingga selebar 1048576 baris (row) dan 16384 kolom (column) dan rumus yang disediakan Office Excel 2007 lebih banyak |
1. Relatif berat, terutama di
mesin yang pas-pasan
2. Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat. 3. Installer yang lebih besar 4. Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB) 5. Minimal OS Windows XP dengan SP2. |
Kelebihan
dan kekurangan Microsoft Office 2010
|
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1.
Fasilitas di dalamnya sangat lengkap karena sekarang ini Microsoft Word 2010
lah yang versinya paling tinggi pada saat ini.
2. Saat
pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk
masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya,
Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke
lembar kerja.
3.
Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.
4. Gaya
tulisan yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office
2007.
5.
Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasai Office 2007.
6.
Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat
membuka file format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara
langsung.
7.
Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya
dari Office 2007.
8.
Terdapat ‘quick acces toolbar’.
9.
Untuk MS Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang
disebut dengan ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.
10.
Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.
11.
Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas, layaknya Microsoft Word 2007.
12.
Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft Word 2007.
13.
Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
14.
Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
15.
Save as lebih variatif. Kejutan baru yang ditawarkan oleh Office 2010 adalah
fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF, XPS (portable online), ODT
(OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS awalnya hanya dapat
difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT merupakan format
atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas dan support
Microsoft Office, bahkan terhadap open source.
16.
Template baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.
17.
Menyimpan file untuk web terasa lebih mudah dibanding pada edisi yang
sebelum-sebelumnya.
18.
Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita
dekatkan kursor di ikon tersebut.
19.
Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.
20.
Saat masuk ke lembar kerja kita tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’,
image berlogo Windows layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah
digantikan dengan menu File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur
dan fungsi didalamnya jauh lebih beragam.
21.
Fungsi print preview dan print telah terintegrasi dengan full-window pada
menu File.
22.
Pada Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe
Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi
file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.
23.
Loading lebih cepat dan lebih ringan.
|
1. Lebih sulit karena
programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit
digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
2.
Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
3.
Tidak terdapat ‘Office Button’.
4. Pengguna
Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter
untuk dapat membuka file Office 2010.
5. Tab
kontekstual dan style gellery agak mengganggu.
|
Kelebihan dan kekurangan Microsoft Office 2013
|
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1. Dioperasikan Dengan Layar Sentuh
Untuk pertama kali, Word, Excel, Power Point, dan Outlook
dikontrol dengan layar sentuh seperti membuka, menggeser untuk memperbesar
dapat dilakukan pada dokumen, file, dan presentasi.
2. Kelebihan di PowerPoint 2013
Document, Slide, dan presentasi dapat ditampilkan di layar
mobile, digambar, ditampilkan atau disembunyikan dengan digital pen, stylus
atau bahkan jari.
3. Cloud Service
Penggabungan beberapa fitur Cloud untuk MS Office 2013
mendefinisikan bahwa MS Office 2013 menjadi sebuah “layanan”. Melalui fitur
ini orang dapat mengakses, mengedit dan menyimpan ke semua perangkat yang
berbasis Windows di manapun lokasinya.
4. Touch Control
Microsoft juga berencana mengintegrasikan MS Office 2013 ke
perangkat tablet, oleh karena itulah, mengapa MS Office 2013 telah mendukung
fungsi kontrol sentuh. Seperti diketahui, Microsoft beberapa waktu yang lalu
memperkenalkan model tablet Surface. Bisa dikatakan dengan menggunakan fitur
ini dapat memberikan komputasi yang maksimal, meskipun menggunakan perangkat
tablet.
5. Utilising Social Media
Microsoft rupanya telah melihat di mana setiap orang hidup di
social media, oleh karena itu MS Office mengintegrasikannya. Versi baru dari
Sharepoint diperbaharui dan memungkinkan melihat newsfeeds dan sharing
layaknya Facebook atau Google +. Bukan hanya itu saja, MS Office akan
mengintegrasikan Skype, Lync (layanan komunikasi dan meeting)
dan Yammer. dengan fitur ini MS Office 2013 menawarkan kemudahan berbagi dan
bertukar informasi dan melakukan komunikasi.
6. Spesifikasi Minimum Office 2013
· Computer and processor: 1 Ghz or greater x86/x64 Processor
with SSE2 instruction set
· Memory: 1 GB RAM (32 Bit) /2 GB RAM (64 Bit)
· Hard disk: 3.5 GB free disk space
· Operating System: Windows 7 or newer, either 32-bit or
64-bit; Windows 2008R2 or newer with .Net 3.5 or greater. It isn’t possible
to install on a PC running Windows XP or Vista. To use with Windows
8 you must be running the Release Preview version or higher. Get the
Release Preview.
· Graphics: Graphics hardware acceleration requires DirectX10
graphics card and 1024 x 576 resolution
|
1. Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari
Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa
dengan versi sebelumnya.
2. Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
3. Tidak terdapat ‘Office Button’.
4. Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu
menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2013.
5. Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu
|
Microsoft Excel
Pengertian:
Microsoft
excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam
pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam
menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang
administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang
dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.
Microsoft
Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam
lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam
membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS
Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya
dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.
Kelebihan Ms Excel:
1.
Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar
dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa
menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
2.
Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer
dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke
format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita
bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
3.
Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus
yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan
dokumen yang lebih canggih.
4.
Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif
karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun
data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan
me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
Kekurangan Ms Excel:
1.
Software pengolah angka ini berbayar atau tidak
gratis.
2.
Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan
proccessor yang besar (CPU).
3.
Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian
dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus
membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang
tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk
melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru
Microsoft power
point
Pengertian Ms Powerpoint
Powerpoint adalah
salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat
presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan
presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana.
Hadirnya
Powerpoint menggantikan cara presentasi kuno yaitu dengan transparasi proyektor
atau biasa disebut OHP (Over Head Proyector). Dengan adanya Ms Powerpoint,
membuat presentasi menjadi sangat mudah karena didukung dengan fitur fitur yang
canggih dan menarik. Microsoft powerpoint juga menyediakan template untuk
memperindah presentasi anda.
Fungsi Microsoft Powerpoint
·
Membuat
presentasi dalam bentuk slide-slide
·
Menambahkan
audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi
lebih menarik dan hidup.
·
Mempermudah
dalam mengatur dan mencetak slide
·
Membuat
presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat
komputer
Sejarah Microsoft Powerpoint
Program
Microsoft Powerpoint pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins & Dennis
Austin. Pada masa itu Ms Powerpoint digunakan sebagai presenter untuk
perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian diubah namanya menjadi
Powerpoint.
Versi pertama
Powerpoint, Powerpoint 1.0 dirilis pada tahun 1087. Saat itu dirilis untuk
sistem operasi Apple Macintosh. Powerpoint msih menggunakan warna hitam putih,
yang dapat membuat halaman teks & grafik untuk OHP (Overhead Projector).
Versi berikutnya muncul setahun kemudian dengan dukungan warna.
Pada 31 Juli
1987, Microsoft mengakuisisi Forethought, Inc dan perangkat lunaknya,
Powerpoint, seharga 14 juta dollar. Setelah itu versi Powerpoint 2.0 muncul ke
pasaran pada tahun 1990. Sejak saat itu Powerpoint telah menjadi bagian yang
tidak bisa dipisahkan dalam paket Microsoft Office.
Kelebihan Microsoft Powerpoint
·
Mudah
dioperasikan
·
Tersedia
berbagai macam desain dan animasi
·
Tersedia berbagai
macam template menarik
·
Dapat dibuat
dengan berbagai format
·
Dapat mengedit
foto secara langsung
Kelemahan Microsoft Powerpoint
·
Harganya mahal.
(Gratis jika anda menggunakan versi bajakan)
Microsoft Publisher
Pengertian Microsoft Publisher
Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi
microsoft office yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hasil dari
Desktop Publishing contohnya koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan,
poster, mading, kalender dan lain lain. Kenapa menggunakan microsoft publisher
? bukannya kita bisa juga menggunakan ms word dan ms powerpoint ? Kita memang
bisa membuat majalah menggunakan ms word, dan kita juga bisa membuat kartu
ucapan dengan menggunakan microsoft powerpoint.
Tapi fitur yang ditawarkan tidaklah lengkap karena
memang aplikasi tadi tidak dikhususkan untuk dekstop publishing. Berbeda dengan
Microsoft Publisher yang dari namanya saja sudah jelas, publisher(penerbit).
Aplikasi ini memang dikhususkan untuk kegiatan desktop publishing. pengertian
dan fungsi ms publisher 2013 Dalam aplikasi Microsoft publisher, sudah tersedia
berbagai macam template. Sehingga bila kita ingin membuat suatu karya, hanya tinggal memilih
template yang sudah disediakan, lalu mengeditnya sesuai dengan kemauan kita.
Tidak banyak orang yang menggunakan Ms Publiser.
Padahal aplikasi ini memiliki banyak manfaat, kita ambil contoh salah satunya
yaitu membuat mading (majalah dinding). Saya sering menjumpai mading yang masih
menggunakan cara manual yaitu dengan menulisnya di kertas binder lalu ditempel,
atau dengan memotong sebagian berita di koran/majalah. Padahal jika menggunakan
Ms Publisher, mading dapat menjadi lebih bagus, menarik, bermakna dan pastinya
lebih mudah dan praktis karena Ms Publisher memiliki banyak template.
Saat ini, versi terbaru dari microsoft publisher
adalah microsoft publisher 2013, sebagai penerus dari versi sebelumnya yaitu ms
publisher 2010 dan ms publisher 2007.
Fungsi Microsoft Publisher
·
1. Untuk membuat majalah
· 2. Untuk membuat kalender
·
3. Untuk membuat mading
·
4. Untuk membuat kartu ucapan
·
5. Untuk membuat brosur
·
6. Untuk membuat poster
·
7. Untuk membuat karya desktop publishing masih banyak
lagi manfaat ms publisher,
· 8. Tapi intinya adalah untuk membuat segala karya desktop
publishing.
Kelebihan Microsoft Publisher
·
Dapat Membuat Karya Desktop Publishing dengan mudah
·
Tersedia berbagai macam template
·
Tersedia berbagai macam efek untuk mengedit gambar
Karya dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format
·
Karya dapat dikirim lewat email atau diconvert menjadi
HTML
·
Karya yang dibuat dapat langsung disimpan di online
storage dan dapat diakses kapan saja dimana saja
Kelemahan Microsoft Publisher
·
Ms Publisher Tidak gratis. Jika sobat mendapatkannya
secara gratis, dapat dipastikan itu adalah produk bajakan
Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking)
adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar
sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di
seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara
menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking
("antarjaringan").
Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk
oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA
yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis
UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon.
Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan
awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu
Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem
jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah
vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk
menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat
mudah dihancurkan.
Pada
mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research
Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana
mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh
sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan
militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya
dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi
Internet.
Internet pada saat ini
Internet
dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal
(protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian).
Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering
Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen
yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan
Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet
Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan
adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP,
HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa
layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi
berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session
Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat
elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis
yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet
memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan
webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet
dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih
melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian,
Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger,
Twitter,Facebook dan lain sebagainya.
Beberapa
servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System),
adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.
Budaya Internet
Jumlah
pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya
Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan
dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di
seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam
informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan
penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data
secara ekstrem.
Perkembangan
Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual
beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian
sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan
melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama
e-commerce.
Terkait
dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan
pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana
ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan
Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur
birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para
pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan
daerah meningkat tajam.
Tata tertib Internet
Sama
seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu,
yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal
dengan istilah netiket.
Untuk
di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan
(UU ITE).
Isu moral dan undang-undang
Terdapat
kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan
kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian
identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan
sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw,
padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen
Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi
dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.
Internet
juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian.
Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas
dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri
karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan
dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.
Akses Internet
Negara
dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada
penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua
bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia,
seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup
tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di
Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu
operator yang sengaja membuat "jebakan" agar pengguna Internet
tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui
fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll.
Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus
dan di kantor.
Disamping
menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui
Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio
Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang
memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas
(grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas
tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan.
Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang
diunduh.
Penggunaan Internet di tempat umum
Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.
Tokoh-tokoh Internet
- Tim Berners-Lee pencipta WWW (World Wide Web)
pengolah dokumen
sederhana
Mengatur Dokumen
Untuk
membuat dokumen baru telah kita pelajari pada bab sebelumnya. Sebelum membuat
dokumen biasakan untuk mengatur format dokumen terlebih dahulu, ini sangat
penting karena sangat berpengaruh ketika kita mencetak dokumen.
Untuk
mengatur format dokumen caranya :
- Klik menu Page Layout
- Perhatikan pada Ribbon Page Setup.
- Klik ikon Margins untuk mengatur batas halaman.
- Pilih batas halaman yang telah disediakan, untuk menentukan sendiri batas halaman klik Custom Margins.
Top : mengatur batas atas halaman terhadap kertas.
Bottom : mengatur batas bawah halaman terhadap kertas.
Left : mengatur batas kiri halaman terhadap kertas.
Right : mengatur batas kanan halaman terhadap kertas.
Ukuran Standar untuk penulisan laporan dan karya tulis adalah :
- Batas atas = 4
- Batas bawah = 3
- Batas kiri = 4
- Batas kanan = 3
- Potrait : posisi halaman vertikal (tegak).
- Landscape : posisi halaman horizontal (mendatar).
Ukuran Kertas seperti Letter, Legal, A4, A5 dan sebagainya.
Ukuran
kertas yang biasa digunakan untuk penulisan laporan karya tulis adalah A4 atau
dikenal dengan istilah kuarto.
7. Klik
Paragraph untuk mengatur jarak antar baris.
Pilihan jarak antar baris terdapat pada Line spacing.
Menulis
DokumenDalam mengetikkan naskah ke dalam dokumen, perlu diketahui teknik menulis dokumen, di antaranya adalah teknik penggunaan font, paragraph, ukuran font dan lain sebagainya.
DAFTAR PREFERENSI
daftar preferensinya kurang tuh
BalasHapuskamu ngambil artikel dari blog ini juga kan >>> http://www.burung-net.com/2015/01/pengertian-dan-fungsi-microsoft-publisher.html